5 Langkah Mencegah Ban Datar



1) Periksa tekanan udara ban Anda setidaknya sekali dalam sebulan! Di bawah ban yang digelembungkan tidak hanya menyebabkan naik yang tidak merata dan mengurangi jarak tempuh gas; mereka lebih cenderung untuk pergi datar juga. Ban berlebih meningkat membawa banyak risiko yang sama. Mereka tidak hanya menawarkan tumpangan yang lebih kaku dan kurang nyaman, namun secara dramatis meningkatkan kemungkinan ledakan. Selain itu, kelebihan tekanan dari ban yang melonjak secara signifikan dapat mengurangi umur ban Anda. Periksa manual pemilik Anda untuk pengaturan inflasi ban yang tepat. Jika Anda merasa kelebihannya, Anda bisa membiarkan sebagian udara keluar melalui batang katup. Jika di bawah tekanan, bawa ke pompa bensin terdekat dan lihat apakah mereka memiliki selang udara. Sebagai alternatif, Anda bisa menambahkan udara ke ban Anda menggunakan pompa sepeda dasar. Alat pengukur tekanan udara ban dapat dibeli di kebanyakan toko akhir-akhir ini, jadi masuk akal untuk selalu menyimpannya di kendaraan Anda
2) Hati-hati dengan kapasitas berat mobil Anda! Periksa manual pemilik Anda untuk menentukan berat kapasitas kendaraan Anda (VCW). Anda mungkin terkejut melihat seberapa sedikit mobil yang bisa dioperasikan dengan aman. Mobil yang kelebihan beban tidak hanya menyebabkan kekurangan stabilitas dan kontrol yang luar biasa, namun juga menyebabkan tekanan pada ban Anda sangat besar. Mobil yang kelebihan beban melihat banyak ban yang tertiup dan kombinasi antara berat ekstra dan ban yang ditiup bisa mengakibatkan kecelakaan yang buruk mengingat kondisi yang benar (salah).
3) Drive dengan hati-hati! Meski kebanyakan flat disebabkan oleh kuku di jalan yang tidak bisa Anda lihat, dengan hati-hati masih bisa melunasi. Cobalah untuk tidak mengemudikan mobil Anda ke area kerja jika mungkin. Daerah ini lebih cenderung memiliki puing-puing dan bahan bangunan yang bisa menyebabkan rata. Selain itu, usahakan jangan sampai giliran Anda terlalu ketat. Banyak ban flat yang disebabkan oleh putaran yang ketat dimana bannya membentur tepi jalan dan menyebabkan kerusakan struktur ban. Kecelakaan jenis ini juga bisa menyebabkan cedera jadi pastikan untuk ekstra hati-hati.
4) Dapatkan ban Anda diputar! Ban depan dan belakang tidak aus pada kecepatan yang sama (bagian depan melaju lebih cepat), jadi memutar ban Anda bukan hanya keharusan untuk umur panjang, tapi juga untuk keselamatan pribadi Anda. Sebagian besar produsen mobil dan ban merekomendasikan memutar ban Anda setiap 5.000 mil. Apakah Anda terlambat untuk rotasi ban? Jika Anda telah membeli ban baru di tahun lalu Anda mungkin bisa mendapatkan rotasi gratis dari tempat pembelian Anda.
5) Dapatkan mobil Anda selaras secara teratur! Penyelarasan yang tidak tepat dapat menyebabkan banyak masalah keselamatan, yang tidak sedikit melibatkan risiko naik ban kempes. Bila mobil Anda tidak sejajar dengan benar, ban tidak masuk ke garis lurus sempurna. Hal ini bisa berujung pada blow out, shimmying, prematur wear dan loss of stability.

Jika Anda mengikuti 5 langkah sederhana ini untuk menghindari ban bekas, Anda akan berada di jalan untuk menurunkan peluang flat ke minimum absolut!

Коментарі